Keluarga besar SMP Negeri 1 Palu melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke 71 di halaman sekolah (17/8/2016). Meski tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan ditahun-tahun sebelumnya, upacara ini tetap berlangsung hikmat hingga selesai.

Upacara ini diikuti oleh guru, siswa, dan undangan dari pihak eksternal sekolah. Tamu undangan yang hadir terdiri dari beberapa sekolah sekolah dasar, siswa dari beberapa sekolah dasar di Kota Palu, dan orang tua dari pasukan pengibar bendera.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah beberapa acara pembuka digelar, momen yang paling dinantikan pun akhirnya datang, pasukan pengibar bendera mulai menjalankan tugasnya. Mereka memulai aksinya mulai dari mengambil bendera dari inspektur upacara, hingga mengibarkan bendera merah putih sampai ke ujung tiang tertinggi. Berbekal latihan selama beberapa bulan, akhirnya tugas tersebut mereka sudahi dengan lancar.

Setelah bendera berkibar, upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945, Proklamasi, Pancasila, amanat inspektur upacara, dan pembacaan doa sebagai penutup upacara. Sebagai informasi, selain pasukan pengibar bendera, upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu melibatkan guru/tata usaha sebagai pelaksana.

Partisipasi SMP Negeri 1 Palu dalam memperingati HUT RI kali ini masih berlanjut dengan mengikutsertakan perwakilan guru dan siswa mengikuti pawai yang digelar oleh pemerintah Kota Palu. Momen ini dilanjutkan dengan pelaksanaan Pekan Kreasi dan Kompetisi Siswa (PK2S) yang akan diikuti oleh peserta dari beberapa Sekolah Dasar di Kota Palu.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar