Prestasi akademik kembali diraih oleh SMP Negeri 1 Palu. Kali ini, tim SMP Negeri 1 Palu berhasil meraih peringkat keempat dari total 87 tim SMP se Indonesia dalam Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) XI Tahun 2016 di Yogyakarta.

Juara-4-Olimpiade-Geografi-Nasional

Olgenas yang dilaksanakan di Fakultas Geografi Univesitas Gajah Mada (UGM) tersebut dimulai dari tanggal 18 Januari sampai dengan 19 Januari 2016.

Hampir tidak ada kendala yang berarti bagi tim SMP Negeri 1 Palu yang diasuh oleh Herlina, S.Pd ketika memasuki penyisihan awal. Bahkan mereka mampu melenggang mulus sampai ke babak final menghadapi 3 tim asal Bojonegoro dan Kendal.

Di babak final, Tim SMP Negeri 1 Palu ternyata menghadapi lawan yang cukup tangguh, sehingga mereka pun harus puas meraih peringkat ke 4 serta mengakui keunggulan tim dari SMP Bojonegoro (peringkat 1 dan 2) danSMP Unggul Kendal (Peringkat 3).

Menurut Herlina, peringkat yang diraih tim dalam Olgenas kali ini sudah cukup memuaskan. Hal itu diakui karena keikutsertaan SMP Negeri 1 Palu dalam ajang ini masih tergolong baru. “Meskipun belum jadi yang terbaik, Peringkat empat sudah cukup baik. Bisa diliat dari keikutsertaan kita yang masih baru, kita juga mampu bersaing sampai babak final setelah bersaing dengan 84 tim lawan.”, tambahnya.

Siswa yang menjadi anggota tim SMP Negeri 1 Palu merupakan bagian dari peserta bimbingan IPS yang sedang berjalan tahun ajaran ini.  Selama ini SMP Negeri 1 Palu memang sedang giat melaksanakan pembimbingan siswa untuk persiapan kompetisi lokal maupun nasional. Bimbingan tersebut terdiri dari bimbingan akademik meliputi bimbingan IPS, IPA, dan PKn; sedangkan bimbingan yang bersifat non akademik meliputi bimbingan olahraga (voli, basket, dan sepakbola), paduan suara, dan seni tari.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar

Berkas PPDB masih menjalani proses verifikasi di Kantor DUKCAPIL Palu demi akurasi data. Mohon Kesabarannya