Dua tim SMPN 1 Palu yang berhasil lolos ke LPIR tingkat Nasional berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Satu tim yang terdiri dari Dita Saskia, Moh. Arly Pratama, dan Rahmat Hidayat  berhasil meraih medali perak dari penelitian yang berjudul “Simulasi Pembangkit Listrk Tenaga Angin untuk Penerangan Persawahan dan Pengusir Burung”. Sedangkan satu tim lainnya yang terdiri dari Moh. Risqul Aktsar, Abdul Agung Wijaya, dan Saifullah Kamil berhasil meraih medali perunggu melalui penelitian yang berjudul “Kunci kamar mandi otomatis dan indikator keberadaan pengguna”.

foto  LPIR

Keberhasilan kedua tim tersebut meneruskan “tradisi” SMPN 1 Palu dalam  lomba penelitian ilmiah remaja. Sebagaimana diketahui, pada kegiatan yang sama tahun 2013 yang lalu, SMP Negeri 1 Palu juga berhasil meraih medali perak dan perunggu LPIR 2013 di Bali. Pembina LPIR SMPN 1 Palu, Isnawati Nurdin, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa target ke depan adalah membawa medali emas LPIR yang memang hingga tahun 2014 belum berhasil diraih.

LPIR tingkat nasional yang tahun 2014 ini dipusatkan di Banten memang menjadi salah satu kegiatan yang menjadi perioritas dalam pembinaan siswa SMPN 1 Palu. Hal itu sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Palu, Hardi, S.Pd., M.Pd., yang menyatakan bahwa orintasi pembinaan siswa dalam bidang akademik dititikberatkan pada bidang penelitian ilmiah siswa. Sehingga, keberhasilan meraih medali perak dan perunggu pada tahun 2014 ini memang sudah menjadi target yang ingin dicapai.

 

 

About The Author

Guru SMP Negeri 1 Palu, mengajar Mata Pelajaran IPS sekaligus sebagai Pembina OSIS SMP Negeri 1 Palu

Silahkan berkomentar