Siswa perwakilan dari SMP Negeri 1 Palu berhasil melakukan sapu bersih dalam lomba pidato kependudukan. Lomba ini diadakan oleh BKKBN Sulawesi Tengah, diikuti oleh hampir seluruh kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka Celebes Trans Mupen On The Road. Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (11 November 2014), bertempat di kantor perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah.

Adalah Siti Nurhalifah (Siswa Kelas VII Akselerasi), Nadya Tasya (Siswa Kelas 9 H) dan Febi Triana (Siswa Kelas 9 H) mampu memberikan penampilan yang memukau dewan juri hingga berhasil menyabet juara 1, 2 dan 3, sekaligus menutup peluang bagi sekolah lain untuk naik ke podium juara.

Dalam pidatonya, mereka membawakan dua tema kependudukan, masing-masing:

  1. Pengaruh Pertambahan Penduduk Terhadap Kesejahteraan Sosial Ekonomi (Siti Nurhalifah)
  2. Pengaruh Pertambahan Penduduk Terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara (Nadya Tasya dan Febi Triana)

Mereka yang didampingi oleh Bapak Sofian Saidi, selaku guru sekaligus pembina lomba pidato sekolah tampak tidak terbebani dalam menghadapi lomba. Hal tersebut disebabkan karena selain bakat alami yang dimiliki, mereka telah terbiasa dalam mengikuti ajang seperti ini.

Hasil tersebut telah memberikan kontribusi positif bagi sekolah berupa semangat bagi siswa lainnya untuk terus berlatih sebagai persiapan dalam mengikuti ajang serupa. Selain itu, apa yang telah mereka raih semakin menambah pundi-pundi prestasi SMP Negeri 1 Palu sebagai salah satu sekolah terbaik di Kota Palu.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar