Setelah menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat provinsi di Tahun 2013, SMP Negeri 1 Palu akhirnya berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihak sekolah atas prestasi tersebut setelah menerima surat undangan resmi sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015 dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kemen LHK.

Sekolah Adiwiyata Nasional 2015

Berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 610/MENLHK-BP2SDM/2015, Tanggal 8 Desember 2015, SMP Negeri 1 Palu bersama sembilan sekolah lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah resmi menjadi sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015. Berikut nama-nama sekolah dari Provinsi Sulawesi Tengah yang berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015:

  1. SMP Negeri 1 Palu
  2. SMP Al-Azhar Palu
  3. SMP Negeri 14 Palu
  4. SMK Negeri 1 Palu
  5. MTs Negeri Palu Selatan
  6. MTs Negeri Palu Barat
  7. SMA Negeri 7 Palu
  8. SD Negeri 22 Palu
  9. SD Inpres 3 Birobuli Palu
  10. SD Negeri Tondo Palu

Selanjutnya, kesepuluh sekolah Adiwiyata tersebut akan menerima penghargaan dalam sarasehan Adiwiyata Nasional 2015 yang akan diselenggarakan pada hari Senin (14 Desember 2015) di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Sekolah Adiwiyata Nasional merupakan program pengembangan lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak Tahun 2006. Program ini dikembangkan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional dan mandiri dengan prinsip partisipatif dan berkelanjutan.  Untuk mendapatkan predikat ini, sekolah harus memenuhi empat komponen utama yakni: kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar

Berkas PPDB masih menjalani proses verifikasi di Kantor DUKCAPIL Palu demi akurasi data. Mohon Kesabarannya