SMP Negeri 1 Palu melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) mulai tanggal 23 sampai 25 Juli 2015. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan secara garis besar tentang wawasan wiyata mandala di SMP negeri 1 Palu kepada siswa baru.

Selain memperkenalkan bagaimana Wawasan Wiyata Mandala, MOS di SMP Negeri 1 Palu diisi dengan materi bridging yang berfungsi untuk menjembatani siswa baru dalam beradaptasi dengan materi pelajaran yang nantinya akan mereka pelajari di SMP. Untuk itu, panitia MOS juga menyisipkan materi-materi khusus tentang pelajaran SMP dalam beberapa pertemuan.

This slideshow requires JavaScript.

Seperti pada pelaksanaan MOS ditahun-tahun sebelumnya, pihak SMP Negeri 1 Palu memanfaatkan MOS untuk menanamkan berbagai wawasan dasar kepada siswa baru sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas. Selain itu, pihak sekolah juga momen ini untuk menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung-jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa baru yang nantinya dapat mereka implementasikan dalam kegiatan belajar di sekolah.

Hartadi Gatot selaku ketua panitia pelaksana MOS SMP Negeri 1 Palu mengatakan bahwa peserta MOS tahun ini dibagi kedalam 13 ruang yang rata-rata diisi sekitar 30 orang siswa. “MOS dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari pukul 07.30 dan berakhir pukul 13.00 setelah melaksakana ibadah.”, tambahnya.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.