Dua siswa SMP Negeri 1 Palu bersiap untuk mengikuti final Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) Tahun 2018. Kali ini, Jevon Edbert Samadi dan Giancarlo Christofer akan berkompetisi di ajang bergengsi tahunan tersebut di kategori penelitian Teknologi.

Mereka berdua merupakan satu dari 120 tim yang lolos dalam seleksi ISPO 2018. Seluruh tim tersebut merupakan tim yang dinyatakan berhak sebagai finalis ISPO dari sekitar 600 tim yang mengirim naskah hasil penelitian.

Tim SMP Negeri 1 Palu sendiri tergabung dalam 24 tim yang akan bersaing dalam kategori penelitian teknologi. Dari 24 tim tersebut, hanya 4 tim dari tingkat SMP, sedangkan 20 tim lainnya diikuti oleh tim dari tingkat SMA.

Judul penelitian yang diusung oleh Jevon dan Gian adalah Setrika Ramah Kain Berbasis Sensor Passive Infrared Receiver (PIR) yang Tertanam pada Badan Setrika, dibimbing oleh Isnawati Nurdin, M.Pd dan Try Seksa Wharid Hidayat, S.Pd. Penelitian tersebut akan mereka presentasikan bersama 23 tim finalis lain 23 – 25 Februari 2018 mendatang.

ISPO merupakan kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer yang diperuntukan bagi peserta didik di Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se Indonesia. ISPO tahun 2018 akan dilaksanakan Sekolah Kharisma Bangsa Jakarta.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar