Tim Musik Tradisional SMP Negeri 1 Palu berhasil meraih penghargaan sebagai tim yang berhasil memberikan penampilan terbaik pada ajang FLS2N yang dilaksanakan di Palembang (23 – 29 Agustus 2015). Event yang memfasilitasi bakat seni siswa tersebut menjadi pembuktian kemampuan seni siswa SMP Negeri 1 Palu di kancah nasional.

This slideshow requires JavaScript.

Pemusik tradisional SMP Negeri 1 Palu tersebut adalah Hileri Gadi Nauli Tobing, Kevin Tumbo. L, Jofan Davidson, Afdal Zikri.  Mereka mengusung tema berdasarkan tradisi dari masyarakat suku Kaili yang diberi judul “Nolelei”.

Nolelei sendiri merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat suku Kaili dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Pesan yang disampaikan dapat berisi peringatan ataupun pesan sosial, sehingga dapat dijadikan sebagai media silaturrahmi dalam menjalin komunikasi sesama masyarakat Suku Kaili.

Menurut Juli selaku penata musik Nolelei sekaligus pembina seni musik tradisional di SMP Negeri 1 Palu, semangat dan nyanyian pembawa kabar yang dilakukan oleh masyarakat suku Kaili menjadi dasar pembentukan musik ini. Musik tersebut kemudian dikemas dalam bentuk pertunjukkan tanpa meninggalkan ruhnya sebagai media penyampai pesan untuk terus semangat dalam belajar dan berkreasi.

“Mereka (sebagai aktor Nolelei) merupakan pemberi informasi yang menyampaikan semangat kerjasama dan persaudaraan yang kuat.”, pungkasnya.

Komposisi Kelompok Seni Musik Tradisional yang berlaga di FLS2N di Palembang Tahun 2015:

  1. Penanggung Jawab: H. Hardi, S.Pd, M.Pd
  2. Penata Musik: Juli Idin lanja
  3. Pemusik: Hileri Gadi Nauli Tobing, Kevin Tumbo. L, Jofan Davidson, Afdal Zikri
  4. Penata Artistik: Komunitas Seni Salibouw

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar

Berkas PPDB masih menjalani proses verifikasi di Kantor DUKCAPIL Palu demi akurasi data. Mohon Kesabarannya