SMP Negeri 1 Palu telah membentuk “Tim Hijau” yang merupakan bentuk dari implementasi Gerakan Gali Gasa (3G) di sekolah. Tim ini diprakarsai oleh Hj. Farida, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah yang menginginkan adanya aksi khusus sebagai bentuk implementasi 3G.

Tim Hijau ini merupakan tim yang bertanggung jawab atas kebersihan dan “kehijauan” sekolah. Tim tersebut terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Pembina OSIS sekaligus bertindak sebagai penanggung jawab atas pelaksanaan 3G di sekolah.

Tugas dari Tim Hijau adalah memantau kebersihan sekolah setidaknya tiga kali dalam sehari selama jam sekolah berlangsung. Salah satu wujud 3G di SMP Negeri 1 Palu adalah melakukan aksi angkat sampah setiap kali sirene berbunyi. Disinilah peran Tim Hijau sebagai “Aktor Utama” melaksanakan tugas dan fungsinya.¬†Sehubungan dengan “kehijauan” sekolah, tugas dari tim ini adalah memantau tanaman-tanaman penghijauan yang ada di sekolah, terutama pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami dengan tanaman yang produktif.

Sebagai langkah pembuka, tim ini mengadakan lomba kebersihan antar kelas, dirangkaikan dengan berbagai lomba olahraga lainnya.

Tim Hijau ini memikul beban dan tanggung jawab yang cukup berat, yakni harus bersikap provokatif agar gerakan kebersihan dan “kehijauan” menjadi budaya sekolah. Oleh karena itu, Kepala Sekolah sangat berharap dukungan dari seluruh warga sekolah agar gerakan tersebut berjalan dengan lancar.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar