Hari ini sejumlah 14 orang siswa SMP Negeri 1 Palu menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM). Dana bantuan tersebut merupakan program dari Kemendikbud yang ditujukan kepada siswa yang berkategori kurang mampu.

Seperti yang telah diprogramkan oleh Kemendikbud, BSM merupakan program untuk membantu kesulitan orang tua/keluarga siswa dalam memenuhi kebutuhan pendidikan lainnya seperti baju seragam, buku tulis, sepatu, biaya transportasi maupun biaya pendidikan lainnya yang tidak ditanggung oleh dana BOS.

Program BSM bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan dikategorikan sebagai beasiswa, karena bantuan diberikan berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi.

Zainuddin, S.SMenurut Zainuddin, S.S selaku pelaksana harian bidang kesiswaan sekaligus penanggung jawab BSM di SMP Negeri 1 Palu, bantuan tahun ini diberikan kepada siswa yang namanya telah diusulkan tahun lalu. “Bantuan tersebut diambil langsung oleh siswa dan diharapkan dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan pendidikannya”, tambahnya.

Dana bantuan yang diberikan kepada siswa sejumlah Rp. 550.000 per siswa/tahun. Meskipun jumlah bantuan yang diberikan tidaklah besar, namun diharapkan agar siswa mampu memanfaatkannya secara maksimal, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan seragam dan buku tulis siswa.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar