Tim Adipura Nasional berkunjung sekaligus melakukan penilaian atas pengelolaan lingkungan yang telah berjalan di SMP Negeri 1 Palu sekolah selama ini. Kunjungan tim tersebut disambut langsung oleh kepala sekolah beserta pengelola program Adiwiyata dan Adipura sekolah.

Tim tersebut melakukan penilaian terhadap beberapa komponen penting dalam penilaian Adipura yang harus dimiliki sekolah. Mereka melakukan pengamatan langsung terhadap kebersihan tempat belajar, kantor, penataan lingkungan sekitar sekolah, pengelolaan sampah (termasuk penampungan, bank sampah, dan administrasi) dan 3R (reuse, recycle, reduce), serta sanitasi lingkungan sekolah.

This slideshow requires JavaScript.

Menurut Zainuddin selaku penanggung jawab sekaligus pengembang program Adiwiyata dan Adipura di SMP Negeri 1 Palu, pihak sekolah telah siap kapanpun apabila tim Adiwiyata, Adipura, ataupun tim lain yang terkait dengan pengelolaan lingkungan sekolah datang meninjau.

“Secara nyata kita telah memenuhi standar yang dibutuhkan oleh program seperti Adiwiyata dan Adipura. Kita tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu ada tim yang datang meninjau keadaan lingkungan sekolah kita.”, ucapnya optimis.

Zainuddin menambahkan bahwa SMP Negeri 1 Palu telah mengupayakan seluruh stakeholder sekolah dapat berpartisipasi dalam implementasi sekolah berbudaya lingkungan.

“Seluruh stakeholder sekolah terlebih lagi guru, Staf TU dan siswa telah berpartisipasi dalam mendukung program ini. SMP Negeri 1 Palu telah menyematkan slogan sekolah berbudaya lingkungan dan diimplementasikan dalam keseharian sekolah.”, pungkasnya.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar

Berkas PPDB masih menjalani proses verifikasi di Kantor DUKCAPIL Palu demi akurasi data. Mohon Kesabarannya