Mulai tanggal 11 Januari 2016, SMP Negeri 1 Palu kembali melaksanakan aktivitas pelajaran tambahan bagi siswa kelas 9. Kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Bulan Mei mendatang.

Seperti yang telah diketahui bersama, SMP Negeri 1 Palu merupakan sekolah penyelenggara Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). Keputusan dari kementerian yang menunjuk SMP Negeri 1 Palu sebagai pelaksana ujian berbasis komputer tingkat Sekolah Menengah Pertama tersebut telah diterima sejak Desember 2015.

Untuk itu, selain membekali siswa dari segi materi pelajaran, pihak sekolah juga terus membekali siswa dengan pengalaman ujian menggunakan tersebut. Pengalaman tersebut diwujudkan dalam beberapa kegiatan penting seperti Try Out Ujian Nasional berbasis komputer yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali dan Ujian Semester Ganjil yang dilaksanakan Bulan Desember 2015.

Ujian Nasional Berbasis Komputer

Hardi S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah menekankan bahwa guru dan siswa harus serius dalam menjalankan pelajaran tambahan kali ini, mengingat waktu ujian nasional yang kian dekat. Ia meminta kepada seluruh guru dan siswa untuk tidak hanya fokus kepada pemantapan materi pelajaran tambahan, namun juga mempersiapkan diri dalam menghadapi UNBK yang dilaksanakan secara perdana di Sulawesi Tengah.

“Selain meningkatkan kualitas materi dalam menghadapi ujian nasional, siswa juga harus mempersiapkan diri secara mental dalam menghadapi ujian yang berbasis komputer. Selain siswa, guru juga harus berupaya memotivasi siswa secara mental dalam menghadapi ujian tersebut.”, tambahnya.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar

Berkas PPDB masih menjalani proses verifikasi di Kantor DUKCAPIL Palu demi akurasi data. Mohon Kesabarannya