Sebagai salah satu Sekolah Adiwiyata di propinsi Sulawesi Tengah, SMP Negeri 1 Palu  aktif dalam upaya meningkatan kualitas lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan yang sedang dikembangkan berkenaan dengan lingkungan ialah mengembangkan kebun percontohan sekolah.

Kebun percontohan ini diisi oleh beberapa jenis Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan beberapa jenis tanaman perkebunan lainnya. Beberapa jenis Toga yang ditanam di kebun percontohan sekolah antara lain: Jahe, Kunyit (kuning dan hitam), Lengkuas, dan seledri. Sedangkan jenis tanaman perkebunan lainnya antara lain: Sawi, Jagung, Kemangi, Kacang Panjang, dan Cabe Rawit.

Kebun Percontohan

Kebun percontohan ini dikoordinir langsung oleh Kepala Tata Usaha SMP Negeri 1 Palu, Hj. Efarni. Selain sebagai koordinator, Hj. Efarni juga terlibat langsung mulai dari pembibitan sampai penanaman kembali. “Kebun percontohan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sekaligus dapat menginspirasi guru dan siswa dalam membudidayakan tanaman bermanfaat dilingkungan masing-masing”, katanya dalam wawancara singkat.

Kebun percontohan sekolah menjadi salah satu program yang intensif digalakkan selain program pembenahan sanitasi dan penghijauan lingkungan sekolah. Program-program tersebut tidak terlepas dari usaha SMP Negeri 1 Palu dalam mewujudkan sekolah yang berbudaya lingkungan.

About The Author

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Palu sejak tahun 2009. Fokus pada kegiatan belajar mengajar dan bimbingan siswa. Selain itu, Ia juga aktif dalam menulis blog tentang Latihan Soal Fisika dan Blog Palu.

Silahkan berkomentar